Selasa, 11 Februari 2014

Tongsis (Tongkat Narsis)


   Banyak orang yang jatuh cinta sama TONGSIS alias Tongkat Narsis. Tongsis membuat jeprat-jepret foto narsis tak hanya lebih mudah namun hasilnya boleh dikata lebih sempurna dan hebatnya bisa dilakukan sendiri tanpa meminta difotoin sama orang lain di sekitar kita. Dengan tongsis kita bisa say goodbye pada kalimat, “Mas, Mbak, minta tolong fotoin kita dong!,” Bahkan saking nge-hits-nya barang yang satu ini sampai-sampai beberapa waktu lalu sempat beredar foto heboh Ibu Ani Yudhoyono udah pake Tongsis juga.
Lalu Apa Itu Sebenarnya Tongsis Dan Bagaimana Si Tongsis Ini Digunakan?
   Bagi orang yang suka traveling atau bikin video blogging pastinya udah gak aneh lagi dengan barang yang satu ini. Boleh dikata ini adalah “gadget” wajib buat mereka. Tongsis basic-nya adalah sebuah self-portraits monopod. Dengan self-portrait monopod para traveler atau video blogger bisa mengambil foto mereka sendiri tanpa harus repot-repot minta difotoin sama orang. Masuk akal juga karena para traveler seringkali jalan-jalan sendirian ke tempat-tempat yang jarang orang lain ada di sana.
                                    
   Berbeda dengan saudaranya yang lain, tripod, self-portraits monopod memang punya kelebihan lain. Selain angle kameranya yang bisa banyak variasi (top angle, low angle, frontal dan sebagainya) juga enak buat ambil video wajah kita sambil berjalan.
   Lalu kapan barang ini mulai muncul? Kalo dari bentuk desain screw-nya kayaknya self-portraits monopod lahir setelah banyak orang pakai kamera digital terutama kamera pocket. Meskipun ada juga orang yang pake monopod ini pake kamera DSLR karena screw buat masangin ke mounting hole kamera dengan ukuran standar seperti tripod pada umumnya.
   Karena display/monitor kamera digital pada umumnya hanya ada di belakang kamera, untuk membantu orang melihat layar monitor sampai ada yang bikin kaca spion khusus juga. Jadi, orang bisa melihat angle yang pas dan tidak membuang waktu trial and error buat ngambil framing yang pas.
                                         
   Zaman pun mulai berubah, ketika handphone sudah mulai ada kamera-nya. Ditambah dengan booming-nya sosial media seperti facebook, twitter, instagram hingga Path yang memungkinkan orang berbagi foto dan video. Dengan fasilitas kamera di handphone orang-orang bisa secara langsung meng-upload dan berbagi foto mereka ke aplikasi socmed tanpa harus transfer dulu gambar ke komputer/laptop seperti halnya kamera digital biasa (sekarang sih sudah ada juga kamera digital yang bisa langsung upload gambar ke dunia maya).
                                       
   Meski kameranya sudah canggih tapi ternyata masih ada kelemahannya. Yaitu, ketika kita mau foto narsis ramai-ramai pakai handphone, angle-nya gak bisa lebar dan leluasa karena tangan kita panjangnya terbatas. Mau tidak kita meminta bantuan sama orang lain di sekitar kita. Dan hasilnya tentunya kadang memuaskan kadang yaaa harus disyukuri apa adanya.
   Untungnya lahirlah benda bernama "TONGSIS", si tongkat narsis, dimana self-portraits monopod yang bisa dipasangin handphone karena sudah dilengkapi oleh sebuah device holder yang bisa ditempati handphone. Dunia narsis pun terasa semakin sempurna karena dengan tongsis kita gak harus meribetkan orang lain untuk meminta fotoin kita selain itu angle foto kita pun bisa dieksplorasi lebih banyak.

Lalu Gimana Cara Menggunakan Tongsis?
   Karena tongsis terdiri dari dua bagian yaitu tongkat dan device holder, pertama kali yang harus dilakukan adalah memasangkan device holder ke ujung tongkat. Holdernya ada yang ukuran buat iPhone (lebarnya 5-7cm) ada juga yang ukuran sebesar Galaxy Note (lebarnya 7-9cm). Mungkin ada juga holder yang bisa buat tablet sebesar iPad. Cara memasang device  holder sama seperti memasang kamera digital ke skrup tripod.

   Setelah device holder terpasang kuat, tempatkan handphone sampai tercengkram dengan baik oleh holder tersebut. Atur sudut holder sesuai dengan kebutuhan. Putar sekrup pinggir holder untuk mengendorkan dan mengunci leher tongkat.

Setelah handphone tercengkram secara sempurna, masuk ke aplikasi kamera handphone dan pilih front kamera (kalau yang ada front kameranya).
Setelah display muncul panjangkan batang tongsis sesuai kebutuhan, kemudian carilah angle yang sesuai.

Kalo angle sudah didapat, set timer di kamera handphone. Dan sehabis tombol shutter dipencet kembalikan handphone ke posisi di mana angle yang sebelumnya kita sudah dapatkan.

Atur pose tubuh… Pasang senyum, posisi alis, posisi bibir, sesuai template kamu dan… JEPRET!!! Foto narsis kamu pun jadi.
                            
   Nah, biar hasil foto narsis kamu kelihatan lebih kece dan natural salah satu tipsnya adalah jangan sampai tongkat narsis-nya masuk frame alias ikutan ke foto. Kecuali, kalau kamu memang kepingin nunjukin foto itu diambil pake tongsis.
   Untuk yang tidak mau ribet-ribet setting timer di kamera handphone kamu juga bisa menggunakan TOMSIS alias TOMBOL NARSIS atau disebut juga PENSIS alias PENCETAN NARSIS. PENSIS atau TOMSIS ini adalah remote shutter buat kamera. Dia punya jack ukuran 3.5 mm yang sama seperti jack headphone/earphone. Cara memakainya cukup dimasukkan ke lubang untuk headphone/earphone. Stelah itu, masuk ke aplikasi kamera dan tinggal menekan tombolnya saja kalau angle foto sudah sesuai. Sayangnya, PENSIS atau TOMSIS jenis seperti ini hanya bisa di iPhone. Saat dicoba di handphone Android, tidak semua handphone compatibel dengan PENSIS. tipsnya: Cobain dulu handphone-nya kompatibel apa nggak ama TOMSIS/PENSIS, jangan sampai sudah membeli ternyata tidak kompatibel.
                                                        
Lalu untuk yang tidak mau ribet keliwiran sama kabel, ada juga TONGSIS yang udah dilengkapi dengan bluetooth. Jadi tinggal set koneksi bluetooth di handphone dan Tongsis setelah itu hanya menekan tombol shutter yang ada di gagangnya. Model Bluetooth ini kalo handphone-nya Android, OS nya harus versi 3.0 ke atas.
                                                     
Cara menggunkan Tongsis bluetooth, pertama kali harus mengkoneksikan handphone dengan Tongsis. Aktifkan fitur bluetooth di handphone kemudian aktifkan juga bluetooth di Tongsis.
   

Setelah itu, klik “Search for Devices” di setting bluetooth handphone (jika bluetooth tongsis tidak terdeteksi secara otomatis) sampai bluetooth di Tongsis terdeteksi.
                                                           
   Setelah handphone dan Tongsis terkoneksi, masuk ke aplikasi kamera. Setelah angle yang diinginkan di dapat, klik tombol shutter yang ada di Tongsis dan jepreet.. jadi fotonya.
   Buat yang gadget freak ada juga yang lebih canggih nih, Wireless Remote Shutter. Seperti kunci mobil zaman sekarang. Buat jepretin kamera tanpa harus set timer di handphone, hanya menekan tombol dari jarak yang agak jauh. Biasanya kalau yang seperti ini suka dipakai sama orang yang masih memakai tripod.
            

Tentunya kalo pake PENSIS/TOMSIS dan TONGSIS yg ada Bluetooth-nya lebih mahal ketimbang Tongsis biasa karena harus merogoh kocek lebih. Asalkan bisa memaksimalkannya dengan baik, TONGSIS standar pun udah cukup kok buat nemenin acara foto-foto narsis kamu.

       

NEW PRODUCT: TONGSIS ORIGINAL PRO

   Di awal taun 2014, vendor Tongsis Original mengeluarkan produk barunya. Namanya Tongsis Original Pro.

   Tongsis Original Pro ini sudah dilengkapi bluetooh sehingga tidak perlu set timer di aplikasi kamera handphone, tinggal koneksikan handphone dan Tongsis melalui bluetooth dan klik tombol di batang tongsis untuk mengambil foto.

   Satu set TONGSIS ORIGINAL PRO terdiri dari 2 buah holder device. 1 holder device bisa buat handphone dengan lebar 5-7 cm (untuk handphone sebesar iPhone) dan 1 holder device buat handphone dengan lebar 7-9 cm (buat handphone sebesar Galaxy Note, S4). Selain itu sudah dilengkapi kabel charger buat nge-charge bluetooth-nya.

   Tongsis Original Pro ada dua jenis, Tongsis Orginal Pro for iPhone dan Tongsis Original Pro for Android.

PERHATIAN!!!! TROUBLESHOOTING TONGSIS PRO FOR ANDROID PHONES
   Untuk beberapa handphone Android setelah bluetooth Tongsis Pro terkoneksi dengan handphone, tetapi ketika memasuki aplikasi kamera bawaan, ketika tombol shutter di Tongis Pro ditekan bukannya klik shutter kamera tetapi menjadi fungsi lain. Pada beberapa kasus Tongsis Pro ketika di klik tombolnya ternyata menjadi tombol menaikkan volume atau zoom in-out fokus kamera.

   Jika ini terjadi salah satu solusinya adalah menginstall aplikasi bernama: kjstar365.

   Setelah aplikasi di-download di handphone kamu, install seperti meng-install aplikasi biasanya. CATATAN: Karena ini bukan di-download dari Google Play maka kamu harus meng-install aplikasi kjstar365 secara manual.

   Setelah aplikasi kjstar365 berhasil di-install, aktifkan bluetooth di handphone baru setelah itu aktifkan bluetooth di Tongsis Pro. Masuk ke bluetooth setting di handphone dan klik kjstar untuk mengkoneksikan bluetooth di handphone dan Tongsis Pro. Bila KJSTAR tidak terdetek, klik search device, sampai kjstar terkonek.

   Nah, kalo bluetooth handphone dan Tongsis Pro berhasil terkoneksi, baru masuk ke aplikasi kjstar365. Tampilam homescreen-nya seperti in.

   Untuk masuk ke kamera klik ICON CAMERA di atas gambar tangan yang pegang tongsis, nanti akan masuk ke aplikasi kamera kjstar365 dengan tampilan seperti ini:
                                               
Kalau sudah masuk, klik aja tombol di Tongsis Pro buat foto. Jadi deh foto narsisnya…

Sumber : http://arespendil.com/?p=193

12 komentar:

Ria Diani
15 Oktober 2014 pukul 01.30

Kok tongsis bloetooth ku udah di sandingkan bluetooth tapi kok ga bisa ke foto sih sarannya dong

Unknown
25 Januari 2015 pukul 23.46

Kan tinggal tekan tombol press yg ada di tongsisnya

mia nasution
31 Januari 2015 pukul 13.27

Cara ngecharge tongsis bluetoothnya gimana ya? Kok udah di charge tapi lampunya cuma nyala sebentar. Apa emang kayak gitu? Info dong hehehe makasih

jalu
18 Mei 2015 pukul 23.46

seru seru....

Unknown
19 Agustus 2015 pukul 09.06

Ada Ӳa̲̅n̲̅6 tau gmn cara pke tongsis kabel buat BlackBerry® z3 nggak..bagi info donkk.trims

Unknown
1 September 2015 pukul 20.09

klo blackberry biasanya ga support pake tomsis , just iphone android :)

Unknown
8 Januari 2016 pukul 03.55

kalo lenovo p70 support ga yah tongsis bluetooth?

Unknown
8 Januari 2016 pukul 04.06

kalo lenovo p70 support ga yah tongsis bluetooth?

at pratama
6 Maret 2016 pukul 03.01

Untuk BlackBerry z 3 tongsis kbel biar bsa d gunakn mke aplikasi pa y??

at pratama
6 Maret 2016 pukul 03.02

Untuk BlackBerry z 3 tongsis kbel biar bsa d gunakn mke aplikasi pa y??

Unknown
12 April 2016 pukul 07.59

Coba buka link ini, mungkin bisa juga di aplikasiin di blackberry http://indahpurngrm.blogspot.co.id/2016/04/how-to-use-volume-key-to-take-picture.html?m=1

Unknown
30 Juni 2016 pukul 03.23

Aq beli tongsis kjstar monopod z07-5 . Ko pairing bluetooth ya mencari terus gak bs2 terdeteksi knp ya? Bantu info dong

Posting Komentar