Senin, 17 Februari 2014

Sejarah Boyband



   Perkembangan boy band di indonesia mengalami puncaknya saat ini. Berbagai boyband bermunculan seperti jamur saat hujan. Istilah boyband sendiri baru dikenal pada tahun 1990an. Boyband adalah grup music vocal yang kesemuanya pria. Mereka berpenampilan menarik seringnya memiliki kemampuan koreografi dan jarang/tidak ada yang memegang alat music.
 
   Cikal bakal boyband sendiri sudah terlihat pada tahun 1960 dimana terjadi british invasi oleh the beatles. The beatles yang anggotanya laki-laki muda berpenampilan menarik diketahui sukses menyihir para gadis remaja. Pihak marketing pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan mengeluarkan produk sampingan yang berkaitan dengan the beatles seperti film “the hard days night.” Ketampanan dan sifat mereka yang selengean membuat gadis2 muda ini tergila-gila. Pada jaman itu juga telah dibuat grup musik vocal pria dengan ciri khas karakternya masing-masing seperti the Jackson five, the monkees, dan sebagainya. Mereka menyanyikan lagu-lagu pop, gospel dan soul yang lagi hits pada masa itu.
 
   Kesuksesan boyband tergantung pada citra serta karakteristik mereka dikalangan remaja wanita dan hal itu diatur sepenuhnya oleh manajer mereka. Mulai dari pakaian, materi promosi (yang disebarkan melalui majalah remaja) dan video music. Tidak jarang juga masing-masing personel boy band memiliki karakter yang berbeda-beda, seperti ada yang memerankan the cute boy, the nice boy, atau naughty boy. Untuk melengkapi performing actnya, maka kemampuan koreografi mereka pun ditingkatkan walaupun hal itu tidak sejalan dengan kemampuan vocal mereka.
 
   Kunci keberhasilan boyband adalah menjadi trendy. Itu berarti mengikuti mode yang sedang popular saat ini. Misalnya saja pada tahun 2008 sedang populernya pop punk oleh blink 182. Maka beberapa boy band seperti all star weekend memakai atribut ala emo punk. Di Indonesia pun sama, demam korea memunculkan boyband2 berciri khas korea, bahkan ada yang sampai mengimport artis dari korea seperti HITZ.

 Sumber: http://restin-resita.blogspot.com/2012/02/sejarah-dan-perkembangan-boyband.html

0 komentar:

Posting Komentar